Banyak orang mengatakan bahwa “Ide
atau gagasan” mahal harganya. Tentunya tidak sembarang ide, tetapi ide yang
mempunyai nilai komersial dan ide itu ditulis dalam suatu rencana usaha atau
rencana bisnis. Sebenarnya banyak orang mempunyai ide cemerlang, ide yang
hebat-hebat serta mempunyai nilai komersial tinggi tetapi ide itu tetaplah
hanya sekedar ide bahkan hanya sekedar impian yang numpang lewat, karena ide
yang hebat tadi tidak pernah ditulis atau dikomunikasikan kepada pihak lain
ataupun diimplementasikan.
Salah satu kunci sukses memulai
usaha adalah membuat sebuah perencanaan usaha/bisnis yang matang dan realistis.
Apapun jenis usaha yang akan kita jalankan. Tulisan ini mencoba menguraikan
selangkah demi selangkah bagaimana membuat perencanaan usaha/bisnis. Perencanaan
usaha/bisnis sangat berguna untuk menilai apakah usaha/bisnis yang akan kita
tekuni layak, profitable dan berjangka
panjang/berprospek. Dengan perencanaan usaha/bisnis yang matang, juga
sangat berguna apabila kita ingin mengajak mitra bisnis, investor ataupun calon
kreditor untuk merealisasi impian kita agar jadi kenyataan.
Dalam dunia praktek sehari-hari,
ternyata banyak kendala yang ditemui baik dalam membuat business plan maupun
implementasinya. Kendala yang sering ditemui dalam membuat business plan adalah
sulitnya menemukan ide-ide yang dapat dijadikan proyek bisnis yang
menguntungkan. Kendala lahirnya ide-ide kreatif yang punyai nilai ekonomis ini
banyak terjadi karena kita sendiri sering kali kurang menyadari bahwa ide
adalah hasil proses alam bawah sadar sehingga ide tidak akan hadir
berkali-kali. Di sisi lain kita juga sering kurang peka terhadap lingkungan
sekitar dan mudah menyerah ketika menghadapi tantangan, padahal ide-ide
kreatif, inovatif dan bernilai ekonomis justru sering lahir dari kepekaan kita
terhadap lingkungan dan kemampuan kita merubah tantangan menjadi peluang.
1 komentar:
bagus tapi kurang diperjelas
Posting Komentar